Kamis, 26 Juni 2008

5 TAHAP PERTOLONGAN TERSENGAT LISTRIK

Bila orang disekitar anda tersengat listrik tegangan tinggi , baik dari kabel bertegangan tinggi atau terkena sambaran petir hal ini dapat mengakibatkan shock , kejang otot, nafas berhenti dan denyut jantung tidak teratur , lika bakar tingkat tinggi bingga kematian mungkin anda dapat menyelamatkannya dengan beberapa tips sederhana ini . Dan bila anda yang mengalami berdoalah semoga orang lain membaca artikel ini.

1. DANGER / PERHATIKAN STEKER
Jika tubuhnya masih kontak dengan arus listrik , jangan menyentuhnya dengan tangan telanjang . Matikan arus segera dan bila anda tidak bisa memotong arusnya segera tendang saja tubuhnya sengan sol sepatu anda.

2. RESPON / REAKSI CEPAT
Jangan menunggu bantuan , sebaiknya segera minta orang lain panggil ambulan sementara anda memeriksa tubuh korban setelah memastikan listrik tidak menempel atau terhubung ke tubuh korban segera rebahkanlah korban hingga terlentang dan angkat dagunya.

3. PERIKSA DENYUT NADI
Jika tidak ada tanda tanda setelah 5 detik tekan dadanya sebanyak 5 kali dengan kedua telapak tangan anda , telapak kiri berada diatas dada dan yang lain diatas punggung tangan kiri. Pastikan posisi tangan anda berada satu garis dengan putingnya , periksa lagi jika tetap tidak ada ulangi lagi.

4. BREATHING / PERNAFASAN
Jika anda menemukan korban dalam keadaan tidak bernafas segera beri nafas bantuan , dengan menekan hidungnya dengan jari anda dan tiupkan udara kedalam mulutnya dua kali hingga dadanya mengembang.

5. CIRCULATION
Berikan udara yang cukup disekitarnya agar sirkulasi udara untuk korban terpenuhi dan jika tubuh korban ada luka bakar segera gunakan kain , perban atau benda apapun yang tidak menghantarkan panas untuk menutupi luka korban.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua , dan bila ada rekan yang mau menambahkan tips ini silahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar