Rabu, 17 Juni 2009

GUILLOTINE

Dr.GUILLOTINE BUKAN PENCIPTA GUILLOTINE

GUILLOTINE , alat pemenggal kepala yang dipakai memancung Ratu Marie Antoinette itu ternyata bukan ciptaan Dr. Joseph Ignace Guillotine . Benda ini belum bernama Guillotine ketika diperkenalkan di Prancis . Tidak benar bahwa penemunya merupakan korbannya yang pertama.
Guillotine ini merupakan adaptasi dari alat serupa yang sudah berabad abad dipakai di Italia karena orang mengembangkan alat ini di Prancis bernama Dr.Louis maka di Prancis mula mula alat ini disebut Lousion .
Kemudian Dr. Guillotine menganggap alat untuk menyiksa dan membunuh buatan abad 18 yang dipakai di Prancis saat itu sangatlah berlawanan dengan perikemanusiaan maka ia berusaha agar Majelis Nasional mau menerima Guillotine secara resmi sebagai alat eksekusi . Ini dilaksanakan tanggal 25 Maret 1792 dan korbannya yang pertama bukan tokoh politik melainkan Monsieur Pelissier seorang Bandit.
Dalam pemerintahan terror , kira kira 8000 orang Prancis dipancung dengan guillotine . dr. Guillotine dan keluarganya meras risau karena nama mereka dihubungkan dengan alat teror ini hingga tahun 1814 setelah Dr.Guillotine meninggal anak anaknya secara resmi mengganti nama mereka . Guillotine tetap menjadi alat eksekusi resmi di Prancis sampai hukuman mati dihapuskan tahin1981

sumber. the dictionary misinformation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar