Selasa, 03 November 2009

KARTU NATAL PERTAMA

Natal sudah semakin dekat dan perayaan Natal boleh dikata belum lengkap tanpa kartu Natal meskipun sekarang kecenderungannya menyampaikan ucapan Selamat Natal memakai kartu elektronik atau yang lebih dikenal dengan sms tapi kartu natal tidak bisa juga dilupakan begitu saja.
Meskipun di era globalisasi ini banyak perangkat media yang canggih namun kartu natal membangkitkan pula suasana natal yang lebih meriah.
Namun tahukah anda kartu Natal tidak akan menjadi tradisi dunia tanpa jasa Henry Cole , meski hidupnya yang singkat tokoh dari London yang lahir th1843 ini menyumbangkan banyak karya kreatif untuk negaranya.
Bagi Cole ia memimpikan kartu Natal yang unik dengan ucapan yang tidak membosankan. Maka dimintanya seorang seniman terkenal J.C. Horslley untuk menciptakan desain gambar yang sampai sekarang masih tersimpan di Inggris.
Kartu Natal itu ternyata berlipat tiga di tengah nampak ilustrasi berupa suasana pesta , orang dewasa dan anak anak dalam kelimpahan makanan dan minuman dan dibawah gambar tercantum tulisan " a merry christmas and happy New Year to you " di kedua lipatan yang mengapit gmabar terpampang ilustrasi perbuatan kebajikan  yang satu tindakan memberikan pakaian yang lain makanan kepada kaum miskin.
Cole melakukan publikasi itu dengan segala cara untuk mempopulerkan kartu ciptaannya itu, namun sayang baru 20 tahun kemudian , th 1860 dunia usaha ramai ramai memproduksi katu natal semacam itu secara besar besaran. Cole yang belakangan diberi gelar kebangsawanan Sir henry karena jasa jasanya meninggal tahun 1882 dalam usia 39 tahun.
semoga bermanfaat bagi anda

RELATED POST


* FRANKSTEIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar